Animasi
adalah sekumpulan objek yang disusun secara berurutan yang membentuk sebuah
karakter yang mengikuti alur pergerakan yang telah di rancang se demikian
mungkin.
1. 1. Workspace Pada Flash.
- Stage
: area kerja pembuatan semua elemen
movie Flash yaitu menggambar objek yang akan dibuat sebuah animasi.
- Timeline : Tool utama untuk membuat animasi dan objek-objek
interaktif. Timeline terdiri atas tiga bagian utama, yaitu Scene, Layer,
dan Frame.
- Library : berguna untuk mengorganisasikan simbol-simbol dalam susunan yang memudahkan dalam penggunaannya.
- Action dan Properties : berisi properti objek yang dapat dimodifikasi. Sebagian besar properti ini digunakan untuk objek movie klip
2. Istilah-istilah Pada Flash.
- Single
keyframe dan frame : frame di mana terdapat perubahan yang spesifik di dalam
animasi. pada animasi frame, setiap frame adalah merupakan suatu keyframe.
- Motion Tweened frame : Pergerakan
suatu objek dari keadaan awal sampai keadaan akhir.
- Labeled
Frame : apabila keyframe atau frame telah diberi nama melalui frame
- Shape
Tweened Frame : Perubahan bentuk dari suatu objek ke objek lain.
- Scripted
Frame : Representasi terstruktur yang menggambarkan urutan stereotip dari
kejadian-kejadian dalam sebuah konteks khusus.
3. Tools Panel dan Fungsinya.
- Tools Area :
berisi tools untuk membuat objek, memilih, dan memanipuilasi objek atau
isi dalam stage dan timeline
- View Area
: pada bagian ini digunakan untuk
memperbesar maupun memperkecil tampilan pada layar monitor.
- Colors Area : pada bagian ini terdapat pallet untuk mengganti
warna outline dan fill.
- Option Area : bagian ini merupakan modifiers dari setiap tool
yang dipilih. Setiap tool mempunyai modifiers yang berbeda-beda.
4. Perbedaan Static Text, Dynamic Text, dan Input Text.
- Static
Text : Teks yang tidak mengalami perubahan dari awal hingga akhir,
dan bersifat tetap.
- Dynamic Text
: Jenis teks yang dinamis (berubah) yang menampilkan teks-teks yang dapat
diupdate.
- Input Text :
Sebuah field teks yang memungkinkan user untuk dapat menginput teks pada
form aplikasi yang dibuat.
5. Breaking Text Apart adalah Suatu proses yang digunakan untuk
memisahkan masing-masing karakter huruf , cara menggunkan Breaking Text Apart
dengan menekan tombol CTRL + B.
6. Linking Text adalah Teks yang dijadikan link agar bisa terhubung ke
suatu link website di internet. Cara untuk melakukan Linking Text pertama
dengan memblok kata/ kalimat yang ingin diberi link, kemudian klik icon link
terus input link website yang anda inginkan.
7. Perbedaan Bimap dan Vektor.
- Bitmap
adalah gambar yang bertipe raster. Mengandalkan jumlah pixel dalam satu
satuan tertentu, semakin rapat pixel maka semakin baik kualitas gambat
tersebut. Contoh bitmap : .jpg, . gif, . bmp.
- Vektor
adalah serangkaian instruksi matematis yang dijabarkan dalam bentuk,
garis, dan bagian-bagian lain yang saling berhubungan dalam suatu gambar.
8. Perbedaan Shape Tween dan Motion Tween.
- Shape Tween
adalah Pergerakan suatu objek dari suatu keadaan awal hingga keadaan
akhir.
- Motion Tween
adalah Perubahan suatu bentuk dari suatu objek ke objek yang lainnya.
9. Fungsi-fungsi Symbol.
- Graphic
Symbol : Simbol yang digunakan untuk objek yang tidak beranimasi misalnya
untuk background.
- MovieClip
Symbol : Simbol yang digunakan untuk objek yang memiliki animasi.
- Button
Symbol : Simbol yang digunakan untuk membuat tombol yang bersifat diam.
- Tweening
pada Simbol : Simbol yang ada didalam tween.
10. Publishing Flash Movie.
- Flash *.swf
: File yang terbentuk jika anda
melakukan test movie , dan merupakan sebuah file
project yang menampilkan animasi yang ukurannya lebih kecil dibanding file
animasi 2D lainya.
- HTML *.html
: Digunakan untuk membuat suatu aplikasi yang berbasis web dan dapat
diakses di suatu web browser.
- Windows
Projector *.exe : Aplikasi yang digunakan untuk mengekspor suatu animasi
menjadi video, juga dapat di publish menjadi sebuah aplikasi.
Sumber
Referensi :
Http://iptekforus.blogspot.com/